DAFTAR TERMINAL BANDARA SOEKARNO HATTA JAKARTA

DAFTAR TERMINAL BANDARA SOEKARNO HATTA JAKARTA

pembagian terminal di Cengkareng

Bandara Soekarno Hatta (CGK) Jakarta terbagi menjadi beberapa terminal. berikut adalah pembagian pelayanan maskapai dan terminal bandara yang digunakan :

TERMINAL 1

Terminal 1 merupakan terminal penerbangan domestik

Terminal 1A : Lion Air dan Wings Air untuk keberangkatan & kedatangan rute Pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Ambon & Papua :{ Pontianak (PNK), Palangkaraya (PKY), Banjarmasin (BDJ), Balikpapan (BPN), Surabaya (SUB) Tarakan (TRK), Semarang (SRG), Yogyakarta (JOG) Solo (SOC) Pontianak (PNK), Palangkaraya (PKY), Banjarmasin (BDJ) Balikpapan (BPN) dan Tarakan (TRK) }
Terminal 1B: Lion Air untuk keberangkatan & kedatangan rute Pulau Sumatera ,Lombok (LOP) dan Denpasar (DPS) }, Kartika Airlines, dan Express Air.
Terminal 1C: Batik Air, Citilink, Kalstar, Trigana air dan Airfast Indonesia.

TERMINAL 2

Terminal 2D dan 2E merupakan sub terminal yang khusus penerbangan internasional, Terminal 2F digunakan untuk penerbangan domestik.

Terminal 2D: Air China, All Nippon Airways (ANA), Cathay Pacific, Cebu Pacific, China Airlines, China Southern Airlines, Emirates, Eva Air, Japan Airlines, Jetstar, Kuwait Airlines, Lufthansa, Malaysia Airlines, Philippine Airlines, Qantas, Qatar Airways, Saudi Arabian Airlines, Singapore Airlines, Thai Airways International, Tiger Airways, Turkish Airlines, Valuair, dan Yemenia.
Terminal 2E: Garuda Indonesia Internasional, Air Asia Internasional, Etihad, KLM Royal Dutch Airlines, Korean Air, Lion Air, dan Royal Brunei.
Terminal 2 F : Sriwijaya Air, Nam Air, Air Asia Domestik

TERMINAL 3 Ultimate

Garuda Indonesia penerbangan domestik

*Mulai 1 Mei 2017*
Penerbangan *Internasional* Garuda Indonesia akan pindah dari Terminal 2 ke
*Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta*
Proses Keberangkatan :
*Drop-off Penumpang*
1.  Penumpang First Class, Business Class, dan GarudaMiles Platinum agar menggunakan Gate 1 pada area keberangkatan, dan masuk menuju island A melalui Pemeriksaan Keamanan Pertama.
2.  Penumpang Economy Class lainnya agar menggunakan gate 2 pada area keberangkatan, dan masuk menuju island A melalui Pemeriksaan Keamanan Pertama
*Area Check-in*
Garuda Indonesia  menempati area Island A
1. Penumpang First Class, Business Class dan GarudaMiles Platinum agar Check-in  di island A, konter nomor 1-13 ( konter premium Garuda Indonesia )
2. Penumpang Economy class lainnya agar check in di island A, konter nomor 14-26
Para penumpang yang membawa bagasi oversize /berukuran besar melakukan checkin di island A dan selanjutnya ke konter OOG yang berada di antara Island C dan D bersebelahan dg lokasi OOG Domestik
Catatan : Konter check-in penerbangan internasional akan *ditutup 60 menit* sebelum waktu keberangkatan. Perhatikan waktu keberangkatan agar terhindar dari keterlambatan atau tertinggal pesawat.
*Area Pemeriksaan Keamanan Kedua*
Setelah check-in, penumpang dipersilahkan masuk ke Area Keberangkatan melalui Area pemeriksaan keamanan kedua yang berada di depan konter check-in premium Garuda Indonesia
Tersedia jalur pemeriksaan kemanan SkyPriority bagi Penumpang First Class, Business Class dan Paltinum disisi paling kanan.
*Area Pemeriksaan Imigrasi*
Setelah melalui Pemerikaan Kemanan Kedua, maka akan langsung menuju ke Konter Imigrasi.
Penumpang WNI dapat menggunakan self-service counter atau pemeriksaan manual oleh petugas
*Area Boarding Lounge dan Business Class Lounge*
Dari Lantai 2 selesai Pemeriksaan Imigrasi :
1. Penumpang First Class, Business Class, dan GarudaMiles Platinum dapat turun menggunakan escalator sisi kanan atau lift menuju First Class/Business Class Lounge di lantai Mezanin
2. Penumpang Economy class dapat turun menuju ke Boarding Lounge dengan menggunakan escalator di sisi kiri  menuju ke Lantai 1 area boarding lounge.
Catatan : Saat ini Terminal 3 Internasional hanya mengoperasikan 6 gate yaitu Gate 5 sampai dengan Gate 10, dimohon anda memeriksa boarding pass anda sesuai penerbangan anda
*Proses Boarding*
Perhatikan waktu boarding anda karena area boarding lounge yang luas, terbuka, dan jumlah pengumuman untuk boarding yang terbatas bisa saja tidak terdengar, maka disarankan penumpang duduk di area gate sesuai nomor penerbangan anda.
*Proses Kedatangan*
Setelah disembark dari Pesawat, anda akan menuju Area Pemeriksaan imigrasi yang tersedia self-service counter atau menggunakan manual counter dengan pemeriksaan oleh petugas.
Selanjutnya penumpang menuju Area Pengambilan Bagasi  dimana tersedia 6  conveyor belt dan pastikan anda berada  di conveyor belt sesuai nomor penerbangan.
Selanjutnya keluar melalui area pemeriksaan Bea dan Cukai sebelum menuju keluar area kedatangan.
*Area Penjemputan Kendaraan Pribadi*
Penjemputan dengan kendaraan pribadi, keluar dari area Bea Cukai  melalui gedung parkir A pada area Internasional yg berada di sebelah kanan sisi gedung terminal
lokasi penjemputan ideal berada di Lobby Lantai 3 Gedung Parkir (ingatkan penjemput untuk me markir kendaraan di gedung parkir A Internasional)
*Area Moda Transportasi Umum*
1. Bus berada di Gate 1-2 area curb side kedatangan
2. Taksi berada di Gate 2-5 berada di area curb side kedatangan.
catatan lainnya:
_*Khusus penerbangan GA yg merupakan kerjasama Codeshare/SkyTeam yang dioperasikan dengan maskapai partner, penerbangan masih tetap dilakukan di Terminal 2_ (belum melakukan pindah ke T3) agar periksa Ticket anda kembali utk memastikan anda menggunakan Terminal yang benar dan tepat
* Jika anda terlanjur salah terminal maka bertanyalah kepada Petugas Customer service bandara yang akan membantu anda dan gunakan shuttle bus antar terminal untuk menuju terminal yang tepat
Untuk Informasi lebih lanjut :
• Call Center Garuda Indonesia 08041807807

Leave a Reply

Your email address will not be published.